Menu

Ini Dia 6 Langkah Jitu Agar Kafe Dibanjiri Pengunjung

Saat ini, bisnis kafe terbilang cukup potensial. Ya, karena tempat yang satu ini seringkali dicari sebagai tempat makan atau sekadar bersantai bersama orang-orang terdekat. Keuntungan dari usaha kafe juga sangat menggiurkan. Menurut informasi yang ada, keuntungan yang didapat dari mengelola makanan ini bisa mencapai 100% dari modal awal.

Kini, untuk menarik perhatian konsumen, kafe-kafe yang ada pun berusaha keras menciptakan strategi pemasaran yang tepat dan cerdas. Lalu, langkah-langkah apa saja yang dapat dilakukan agar kafe Anda terus menerus dibanjiri pengunjung?

Berikut kami informasikan 6 langkah pemasaran yang dapat Anda terapkan pada usaha kafe Anda, seperti dilansir dari ciputraentrepreneurship.com.

1.Promosi Kafe ke Komunitas Tertentu

Mengapa harus fokus ke suatu komunitas? Ya, komunitas tertentu seperti klub motor, klub sepeda, komunitas blogger dan lain sebagainya tentu terdiri dari banyak anggota. Pertemuan rutin yang mereka lakukan pasti membutuhkan tempat berkumpul yang “cozy”. Di sinilah peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan potensial.

2.Promosi dari Mulut ke Mulut (word of mouth)

Promosi yang dilakukan secara konvensional ini memang terbilang kuno. Tapi percayalah, cara tersebut sangat ampuh untuk mengundang orang berkunjung ke kafe Anda. Jika kafe Anda mengusung tema tertentu dan menawarkan hidangan lain daripada yang lainnya, maka pengunjung yang pernah datang ke kafe Anda kemungkinan besar akan menginformasikannya kepada kerabat mereka. Hal-hal beda atau unik yang mereka ketahui dari kafe Anda akan mengundang rasa penasaran pastinya. Sehingga, mereka yang penasaran akan sengaja menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kafe Anda. Efektif bukan?

3.Manfaatkan Layanan Short Message Service (SMS)

Di era digital seperti ini, sayang sekali jika kita melewatkan manfaat dari teknologi yang ada. Maka, permudahlah pelanggan kafe Anda dengan layanan pesan antar makanan atau reservasi tempat. Pastikan kafe Anda memiliki nomor yang bisa dihubungi baik melalui telepon atau SMS. Dan ada baiknya jika nomor tersebut mudah diingat.

4. Promosi di Media Sosial

Media sosial sebagai alat komunikasi saat ini sudah sangat akrab dengan keseharian seseorang. Promosi melalui media sosial terbilang cukup efektif untuk memaksimalkan jangkauan sekaligus meminimalisir pengeluaran biaya pemasaran.

Ada baiknya lagi jika kafe Anda memiliki situs yang terus diperbarui kontennya, sehingga pelanggan tahu apa saja yang kafe Anda tawarkan tanpa harus susah-susah menghubungi Anda.

5.Terapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa)

Pelayanan prima sangat diperlukan saat menghadapi pelanggan yang datang ke kafe Anda. Ya, pastikan setiap waiter yang bekerja di kafe Anda menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa) kepada pelanggan yang datang. Hal ini membuktikan bahwa keramahan menjadi point plus dari kafe Anda.

6.Ciptakan Menu Unik

Dalam hal ini, pemilik kafe harus memiliki koki yang kreatif dan berani bereksperimen untuk menciptakan menu-menu unik atau tak biasa. Menu yang ditawarkan tentu saja merupakan hidangan-hidangan tertentu yang hanya bisa didapatkan di kafe Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *