Menu

3 Cara Ampuh Membuat Slogan Toko Online Yang Bisa Menarik Pembeli

Gendis
gendis

Sedih bukan jika pengunjung website kita berpindah ke website pesaing? Tentu saja pengunjung akan segera pindah jika kita tidak memberikan alasan bagi mereka untuk tetap tinggal lebih lama.

Dan alasan mereka untuk tinggal lebih lama bisa berasal dari slogan toko online. Kok bisa? Bagaimana cara membuat slogan seperti itu?

Lebih dekat dengan slogan

Slogan sendiri adalah motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama dan lainnya sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat (Wikipedia). Cara membuat slogan agar mudah diingat biasanya cukup berupa kalimat pendek namun unik dan menarik.

Contohnya:

Nokia – Connecting people

Nike – Just do it

Slogan untuk toko online

Kelihatannya sepele, namun slogan dapat berarti penting bagi toko online. Posisi slogan yang biasanya ada di bagian atas sebuah website (biasanya ada di bawah logo) membuatnya memiliki peluang lebih besar untuk dilihat pengunjung. Oleh sebab itu, sangat sayang jika slogan tidak kita optimalkan.

Tak sekedar agar mudah diingat, slogan untuk toko online juga dapat digunakan sebagai alasan pengunjung untuk tinggal lebih lama di website toko online. Dengan maksud untuk meningkatkan konversi dari pengunjung menjadi customer tentunya.

Lalu, bagaimana cara membuat slogan yang cocok untuk toko online?

Lupakan untuk membuat tagline yang terkesan lucu, pintar dan apapun yang menurut kita kreatif. Kenapa? Karena pengunjung tidak akan peduli dengan itu semua. Tujuan mereka window shopping di toko online adalah untuk mencari barang yang mereka butuhkan, bukan untuk terkesan dengan slogan kita. Intinya mereka mencari solusi untuk masalah mereka.

Cara membuat slogan untuk toko online :

1. Rumus pertama: Produk + Target Pasar

Anda jualan apa?

Target pasarnya siapa?

Contoh slogan: Aneka hijab untuk si kecil

Begitu membaca slogan di atas, pengunjung yang sedang mencari hijab untuk anak akan tinggal, sementara pengunjung lain akan segera meninggalkan website. Secara otomatis hanya calon customer potensial yang akan tertinggal.

2. Rumus kedua: Produk + Manfaat

Anda jualan apa?
Manfaatnya apa?

Contoh slogan: Tas import ORI untuk tampil berkelas

Orang lebih suka membeli manfaat. Mereka cenderung tidak peduli dengan apa itu merk tasnya (kecuali yang benar-benar fanatik), yang penting mereka dapat tampil berkelas.

3. Rumus ketiga: Produk + Keunggulan dari kompetitor

Anda jualan apa?
Keunggulan produk Anda apa?

Contoh slogan: Baju korea serba 50rb

Cara membuat slogan yang terakhir adalah dengan mencari tau keunikan toko online Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing. Dari situlah alasan pengunjung untuk tetap tinggal karena hanya toko online Anda yang menawarkan hal tersebut.

Nah, tunggu apalagi, selamat mencoba! 😉

Leave a Reply

Notify of
avatar
wpDiscuz